Beranda

Selayang Pandang SMAN 1 Tasikmalaya

  1. Latar Belakang  

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Sebagai Penyelenggara pendidikan, SMA Negeri 1 Tasikmalaya mengemban amanah sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dimana SMA Negeri 1 Tasikmalaya diharapkan dapat mewujudkan proses berkembangnya kualitas pribadi peserta didik sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, yang diyakini akan menjadi faktor determinan bagi tumbuh kembangnya bangsa dan negara Indonesia sepanjang jaman.

Saat ini, di tahun pelajaran 2018/2019 SMA Negeri 1 Tasikmalaya secara menyeluruh menerapkan Kurikulum 2013. Tahun ini adalah tahun ke-6 dimana SMA Negeri 1 Tasikmalaya pada tahun ini menerapkan Kurikulum 2013 yang disempurnakan. Dengan harapan, melalui implementasi Kurikulum 2013/Nasional mampu mencetak Golden Generation, Generasi yang seimbang baik soft skil maupun hard skilnya.

Sejalan dengan berkembangnya pola pikir manusia di zaman percepatan teknologi seperti saat ini, maka manusia selalu menginginkan sesuatu dengan cepat, tepat, akurat, dan hasilnya memuaskan, hal ini berimplikasi yang luar biasa pada dunia pendidikan. Sebagaimana kita ketahui bahwa potensi siswa sangat heterogen ada yang lambat, sedang dan cepat (mempunyai kemampuan, kecerdasan istimewa) dan siswa yang mempunyai kemampuan, kecerdasan istimewa perlu mendapatkan pelayanan khusus sesuai dengan kecepatan belajarnya.

Selain itu hasil evaluasi lembaga selama ini ternyata ditemukan bahwa ada peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata-rata yang belum terlayani selama proses pembelajaran di kelas pada beberapa mata pelajaran. Sehingga yang seharusnya memiliki kemampuan lebih malah turun menjadi memiliki kemampuan rata-rata, sama dengan peserta didik yang memiliki kemampuan di bawahnya. Sekolah mencoba memecahkan masalah ini dengan meminta kepada para guru untuk memberi pengayaan selama pembelajaran kepada peserta didik tersebut, namun ternyata ini sangat sulit karena guru kekurangan waktu dan tidak fokus saat mengajar di kelas, serta anak masih belum bisa puas dengan harapannya untuk bisa mendapat layanan lebih.

Hal ini Sejalan dengan tujuan pendidikan di SMA Negeri 1 Tasikmalaya yang menyatakan bahwa tujuan umum pendidikan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lanjut, serta tujuan khusus pendidikan adalah menghimpun peserta didik yang mempunyai bakat khusus dan keterampilan luar biasa untuk dikembangkan secara optimal.

Selain itu program ini sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan pendidikan serta menyukseskan visi dan misi SMAN 1 Tasikmalaya. Pada Kurikulum 2013/Kurikulum Nasional untuk Standar Isi dan Kompetensi Lulusan mengacu pada Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016, bahwasanya Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan dan Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan melalui Kompetensi Inti yang bebas mata pelajaran.

Standar proses pembelajaran mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016, dimana Karakteristik pembelajaran pada setiap satuan pendidikan terkait erat pada Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi. Standar Kompetensi Lulusan memberikan kerangka konseptual tentang sasaran pembelajaran yang harus dicapai. Standar Isi memberikan kerangka konseptual tentang kegiatan belajar dan pembelajaran yang diturunkan dari tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi. Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan”. Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas “mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, mencipta”. Keterampilan diperoleh melalui aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta”. Karaktersitik kompetensi beserta perbedaan lintasan perolehan turut serta mempengaruhi karakteristik standar proses. Untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antar mata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/ inquiry learning). Untuk mendorong kemampuan peserta didik untuk menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok maka sangat disarankan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning).

2. Tujuan Pendidikan Menengah

            Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

  • Visi Sekolah

Visi SMA Negeri 1 Tasikmalaya adalah “CEMERLANG DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ DAN IPTEK DALAM BERKOLABORASI DI ERA GLOBALISASI”.

  • Misi Sekolah

Untuk menjabarkan Visi tersebut ditetapkan 7 Misi SMA Negeri 1 Tasikmalaya yaitu meningkatkan dan mengembangkan:

1.   Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam berfikir, berbicara dan bertindak.

2.   Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenal potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.

3.   Menumbuhkan keunggulan secara efektif kepada seluruh warga sekolah.

4.   Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan menggunakan multimedia sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya.

5.   Menguasai pengetahuan dan Teknologi Informasi serta menerapkan dalam proses belajar mengajar.

6.   Menumbuhkan semangat bersaing dalam menghadapi Era Globalisasi.

7.   Menerapkan manajemen partisipasi dalam melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah.

  • Tujuan Sekolah

Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan Menengah, Tujuan pendidikan di SMA Negeri 1 Tasikmalaya adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan Umum

      Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lanjut.

2.   Tujuan Khusus

a.  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

b.  Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui pembangunan sarana dan prasarana serta jaringan teknologi informasi yang memadai.

c.  Meningkatkan disiplin dalam penguasaan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi yang berwawasan global.

d.  Mewujudkan solidaritas dan berbudaya lingkungan untuk mengembangkan potensi diri secara optimal.

e.  Menempatkan sekolah sebagai pusat keunggulan sehingga tercapai persaingan yang sehat dan mandiri.

f.  Menghimpun peserta didik yang mempunyai bakat khusus dan keterampilan luar biasa untuk dikembangkan secara optimal.

g.  Pengembangan perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu peserta didik dalam mencapai keberhasilan ilmiah yang tinggi baik tingkat Nasional maupun internasional.

h.  Terwujudnya peserta didik yang memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai.

  • MOTTO

SMAN 1 TASIKMALAYA:

We are ready Go to  World Class School

SMAN 1 TASIKMALAYA:

IN HARMONIA PROGRESSIO

(KEBERSAMAAN DALAM KEMAJUAN)

On the road of satas, we all ride together.

BREAK THE RULES AND MAKE DISCOVERIES

We’ll do the best for SMAN 1 Tasikmalaya