TUJUAN SATUAN PENDIDIKAN
- Tujuan Pendidikan Menengah
Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
- Visi Sekolah
Visi SMA Negeri 1 Tasikmalaya adalah “CEMERLANG DALAM PRESTASI AKADEMIK dan NON AKADEMIK BERDASARKAN IMTAQ DAN IPTEK DALAM BERKOLABORASI DI ERA GLOBALISASI”.
- Misi Sekolah
Untuk menjabarkan Visi tersebut ditetapkan 7 Misi SMA Negeri 1 Tasikmalaya yaitu meningkatkan dan mengembangkan:
1. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam berfikir, berbicara dan bertindak.
2. Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenal potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
3. Menumbuhkan keunggulan secara efektif kepada seluruh warga sekolah.
4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan menggunakan multimedia sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya.
5. Menguasai pengetahuan dan Teknologi Informasi serta menerapkan dalam proses belajar mengajar.
6. Menumbuhkan semangat bersaing dalam menghadapi Era Globalisasi.
7. Menerapkan manajemen partisipasi dalam melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah.
- Tujuan Sekolah
Mengacu pada visi dan misi sekolah, serta tujuan umum pendidikan Menengah, Tujuan pendidikan di SMA Negeri 1 Tasikmalaya adalah sebagai berikut:
- Tujuan Umum
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lanjut.
2. Tujuan Khusus
a. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui pembangunan sarana dan prasarana serta jaringan teknologi informasi yang memadai.
c. Meningkatkan disiplin dalam penguasaan ilmu pengetahuan, seni dan teknologi yang berwawasan global.
d. Mewujudkan solidaritas dan berbudaya lingkungan untuk mengembangkan potensi diri secara optimal.
e. Menempatkan sekolah sebagai pusat keunggulan sehingga tercapai persaingan yang sehat dan mandiri.
f. Menghimpun peserta didik yang mempunyai bakat khusus dan keterampilan luar biasa untuk dikembangkan secara optimal.
g. Pengembangan perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu peserta didik dalam mencapai keberhasilan ilmiah yang tinggi baik tingkat Nasional maupun internasional.
h. Terwujudnya peserta didik yang memiliki kemampuan dan keterampilan berbahasa Inggris yang memadai.
- Profil Sekolah
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tasikmalaya
NIS : 300080
NSS : 301327803001
Akreditasi : Peringkat A (Amat Baik)
SK Pendirian : Nomor 3142 / G / III, Tanggal 14 Juli 1956
Luas Tanah dan Denah : Luas tanah 4141 m2
Nama Kepala Sekolah : Dr. H. Yonandi, S.Si,.M.T
Alamat : Jl. Rumah Sakit No. 28
Provinsi : Jawa Barat
K o t a : Tasikmalaya
Kelurahan : Empangsari
Kecamatan : Tawang
Kode Pos : 46115
Telepon / Fax : ( 0265 ) 331690 / (0265) 314861
E-mail : info@sman1-tasik.sch.id
Website : www.sman1-tasik.sch.id
KINERJA, INOVASI dan PROGRAM UNGGULAN
- Komponen Kepribadian dan Sosial
- Pendekatan persuasif terhadap Guru, Tenaga Administrasi, Siswa, Alumni dan Masyarakat
- Rapat orang tua / wali siswa dan komite sekolah
- Penyelenggaraan Jalan Santai dan Sepeda Santai bersama seluruh warga sekolah
- Perayaan ulang tahun sekolah melibatkan warga sekolah dan para alumni seluruh angkatan
- Melaksanakan program Bakti Sosial kerjasama dengan alumni melalui program pengadaan 100 unit PC untuk menunjang kegiatan Ujian Berbasis Komputer
- Komponen Kepemimpinan Pembelajaran
- Evaluasi kegiatan pembelajaran (Briefing)
- Penyelenggaraan IHT setiap tahun
- Pengarahan / pembinaan tenaga kependidikan
- Program kunjungan kelas
- Pemberian reward kepada guru dan tenaga kependidikan berprestasi
- Komponen Pengembangan Sekolah
- Penyusunan RKS (RKJM, RKT dan RKAS)
- Penyusunan Tupoksi
- Menyusun Rencana Tindak Lanjut
- Menyusun Program Penelitian Tindakan Kelas
- Komponen Pengembangan Sumber Daya
- Pengembangan Kurikulum
- Evaluasi sarana dan prasarana sekolah bersama para siswa
- Peningkatan profesionalisme guru
- Komponen Kewirausahaan
- Penyelenggaraan Bazzar antar kelas setiap tahun
- Kegiatan Pengembangan Dan Pemeliharaan Sarana Prasarana dan Lingkungan Sekolah
- Peremajaan meja dan bangku kelas
- Pengecatan gedung sekolah
- Pembangunan lapangan olahraga indoor
- Rehab 5 ruang kelas
- Kegiatan Pembinaan Kesiswaan
- Exchange student to Malaysia (Summer School)
- Menjalin kerjasama dengan BPOM
- Meraih juara dalam setiap perlombaan Teknologi Tepat Guna
- Rutin melaksanakan kegiatan keagamaan
- Menyelenggaraan pemilihan ketua OSIS dan PK secara demokrasi
- Penyelenggaraan kegiatan kepramukaan, organisasi dan ekstrakulikuler
- Penilaian Akhir Sekolah Berbasis Komputer
- Pengoptimalan informasi sekolah di web dan media sosial
- Program Unggulan
1. KARAKTER
Fokus pada internalisasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila pada diri peserta didik melalui berbagai program pembiasaan, diantaranya :
- Zero Buta Huruf Al Qur’an dan Kitab Suci Lainnya
- Zero Tidak Beribadah
- Zero Sampah
- Zero Terlambat
- Zero Bullying
2. KABISA
Membekali siswa dengan berbagai kompetensi yang terkait kecakapan hidup, diantaranya :
- Revitasilasi Ekstrakurikuler (Program ZERO STO – Siswa Tanpa Organisasi)
- English Day (Pembiasaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari)
- Program One Student One Achievement (Setiap Siswa didorong untuk meraih minimal 1 prestasi selama menjadi siswa)
- Optimalisasi Rekayasa Digital
3. KATARIMA
Keterserapan Lulusan di PTN/PTS terkemuka sesuai dengan yang dicita-citakan oleh siswa, diantaranya :
- Kunjungan ke PTN-PTS Terkemuka
- Peningkatan Kompetensi Guru secara berkelanjutan
- Pemantapan UTBK
- Penelusuran minat dan bakat siswa lebih dini
- Try Out UTBK dan Tes Kedinasan yang rutin dan terjadwal
- Kerjasama dengan berbagai BIMBEL terkemuka
- Penguatan Peran BK dalam pendampingan Siswa
- Penguatan Kerjasama dengan Perguran Tinggi
- Penguatan Kerjasama dengan orang tua